PENGERTIAN ORGANISASI DAN METODE
PENGERTIAN
ORGANISASI DAN METODE
Pengertian Organisasi dan Metode
Sebelum
menginjak pada materi membahasan organsisasi, berikuti diuraikan terlebih
dahulu pengertian organisasi dan metode secara lengkap, terlebih dahulu akan
ditinjau secara sekilas arti dari kata organisasi dan metode. Istilah
organisasi dapat diartikan sebagai berikut:
Wadah : Sekelompok
manusia untuk saling bekerja sama.
Proses
: Pengelompokan manusia dalam suatu kerja sama yang efisien.
Sedangkan istilah metode tersebut
berarti suatu tata kerja yang dapat mencapai tujuan secara efisien.
Pengertian Organisasi dan Metode secara lengkap adalah Rangkaian proses
kegiatan yang harus dilakukanuntuk menibgkatkan kegunaan segala sumber dan
factor yang menentukan bagi berhasilnya proses Manajemen terutama dengan
memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokasi dalam rangka
mencapai tujuan yang sah ditetapkan.
Dari pengertian tersebut
terkandung beberapa maksud yaitu :
- Organisasi dan metode
merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya
- Organisasi dan metode
penting bagi kegiatan manajemen
- Organisasi dan metode
dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang tersedia
- Organisasi dan metode
berguna dalam meningkatkan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan.
Organisasi adalalah
sekumpulan orang yang bekerja sama yang mempunyai tujuan yang sama dan
mempunyai manajemen.dan setiap menajemen itu sendiri tidak pernah terlepas dari
4 hal ini di antaranya adalah:P,O,A,C. Yaitu:
- PLANING adalah perencanaan
- Organization adalah pengorganisasi
- Actuniety
adalah penepatan sesuai prosedur
- Controling
adalah pengawasan
Jadi sepintar apapun orang
dengan beragam title dan sarjana jika ia membuat organisasi maka ia tak akan
terlepas oleh 4 hal ini,karena ini selalu mencakupi untuk berjalannya roda
organisasi itu sendiri.dan begitu banyak sekali macam-macam definisi organisasi
itu sendiri dan saya hanya menjelaskan define umum organisi dari orang yang
termuka diantaranya adalah:
Definisi organisasi:
- Menurut chester I
bernand(suatu system kegiatan bersama antar 1 orang dan lebih daro 2
orang,sesuatu sifat yang tidak berwujud &tidak bersifat berseorangan
dan sebagian besar mengenai hubungan)
- Menurut JOHN
M.GOUS(tata hubungan antar orang-orang untuk untuk dapat memungkinkan
tercapainya tujuan bersama dengan adanya pembagian tugas & dan
bertanggung jawab atas tugasnya)
- Menurut JOMES
D.MOONEY( bentuk kerjasama manusia untuk pencapai tujuan bersama)
Dan organisasi itu juga mempunyai pandangan diantaranya
adalahsebagai pandangan wadah”tempat kegiatan dilaksanakan,dan juga sebagai
proses”yaitu hubungan formil dan informal,dan sebagai system.
Organisasi sebagai wadah jadi wadah sebagai
tempat pelaksanaan organisasi tersebut.Organisasi sebagai proses adalah memperhatikan interaksi
atau kerjasama antar anggota dalam organisasi dan proses di bagi menjadi 2
yaitu proses formal dan proses informal.Dan proses formal adalah organisasi pola hubungan yang
ditetapkan secara resmi oleh top manejemen. Proses informal mempunyai 3 peranan
yaitu:
1. untuk saran komunikasi
2. untuk mengatur kerjasama
3. untuk memelihara kebebasan dalam
bertindak
Dengan demikian
organisasi merupakan sarana untuk melakukan kerjasama antara orang-orang dalam
rangka mencapai tujuan bersama dengan mendaya gunakan sumber daya yang
dimiliki. Sedangkan istilah metode tersebut berarti suatu tata kerja yang dapat
mencapai tujuan secara efisien.
Pengertian organisasi dan metode sacara
lengkap adalah: Rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan
kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses
menajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau
birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sah ditetapkan.
Dari pengertian
tersebut terkandung beberapa maksud yaitu:
1. Organisasi
dan metode merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang setepat-
tepatnya.
2. Organisasi
dan metode penting bagi kegiatan manajemen.
3. Organisasi
dan metode dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
4. Organisasi
dan metode berguna dalam meningkatkan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan.
Comments
Post a Comment